Cara Memasak Semur Daging Spesial Ala Rumahan Yang Praktis dan Lezat

Cara Memasak Semur Daging Spesial Ala Rumahan - Daging sapi, merupakan salah satu protein hewani yang kerap dijadikan sebagai lauk menu utama. Daging sapi sendiri memiliki tekstur yang lembut, jika Anda pintar untuk mengolah daging sapi. Hanya saja, terkadang beberapa orang tidak menyukai bau dari daging sapi yang masih terasa ketika pengolahannya kurang tepat. Kali ini kami akan memberikan Anda bagaimana cara memasak semur daging spesial ala rumahan yang mudah dan praktis untuk Anda coba di rumah. Anda bisa menjadikan menu semur daging sapi sebagai olahan daging sapi yang berbeda dari biasanya.

cara memasak semur daging yang mudah,cara memasak semur daging kecap,cara memasak semur daging khas betawi,cara memasak semur daging betawi,cara memasak semur daging kambing,
Baca juga: Resep Semur Jengkol Khas Betawi Asli
Semur sapi sebenarnya merupakan salah satu hidangan khas nusantara yang masih lestari hingga kini. Dagging sapi yang lembut dan gurih berpadu dengan manis dan kuatnya rempah-rempah yng menjadikan hidangan ini kaya akan rasa. Jika pada hari raya Kurban ketika Anda mendapatkan banyak dagging sapii serta bingung mengolahnya menjadi masakan apa. Cobalah menu semur dagging sapii ini, anak-anak Anda pun juga bisa turut menikmati karena cita rasanya yang cukup manis dan pedas dari merica. Semur dagging sapi pun bisa menjadi olahan hidangan saat berlebaran yng berbeda dibanding hidangan lainnya seperti opor ayam atau rendang.

Untuk membuat semur dagging sapii ini cukup mudah dan praktis loh. Bahan dan bumbu yang Anda perlukan untuk membuat semur dagging sapii adalah bumbu yang ada di rumah. Siapkan catatan Anda ya, dan inilah bahan serta bumbu yng dipergunakan dalam membuat semur daging sapi yng enak ala rumahan. 

Langkkah Cara Memasak Semur Daging Spesial Yang Praktis dan Lezat

Bumbu Antara Lain
1. Dagiing sapii sebanyak 500 gram, Anda bisa merebusnya terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran dan darah yng masih terdapat dalam daging sapi.
2. Bawang merah sebanyak 8 butir
3. Tomat merah sebanyak 1 buah
4. Cabe merah besar sebanyak 5 buah (Anda bisa menggunakan cabe keriting jika suka dengan cita rasa pedas).
5. Jahe sepanjang 4 sampai 5 cm yg dikupas
6. Kemiri sebanyak 3 butir
7. Serai sebanyak 2 batang yg dimemarkan
8. Merica halus sebanyak ½ sendok teh
9. Cengkeh sebanyak 5 biji
10. Pala bubuk sebanyak ½ sendok teh
11. Garam dapur
12. Kecap manis kental sebanyak 100 ml
13. Air sebanyak 1,2 liter untuk kaldu
14. Minyak goreng untuk menumis
Dalam penggunaan daging sapi, Anda bisa menggunakan daging sapii has dalam untuk cita rasa yg lebih lezat. Namun, jika kebetulan Anda tidak memiliki daging sapii has dalam Anda bisa menggunakan bagian daging sapii lainnya. Selanjutnya adalah proses memasak dari semur daging sapi enak ala rumahan. 

Tahapan Memasak Semur Daging Anda Lakukan

1. Pertama sekali adalah memotong daging sapi sesuai dengan selera Anda. Akan lebih baik jika potongan daging sapi tidak terlalu besar, hal ini supaya bumbu lebih mudah meresap ke dalam daging.
2. Selanjutnya adalah rebus air dalam sebuah panci, daan masukkan daging sapi yg telah dipotong ke dalam air.
3. Selagi Anda menunggu daging sapi menjadi lebih lunak, Anda bisa menghaluskan beberapa bumbu seperti cabe, bawang merah, kemiri, jahe, bawang putih dan tomat.
4. Kemudian panaskan minyak dalam sebuah wajan, daan tumis bumbu halus tersebut sampai mengeluarkan aroma yg cukup harum.
5. Setelah bumbu halus masak daan harum, Anda bisa menambahkan rempah-rempah seperti cengkeh, serai, pala bubuk, serta merica bubuk. Tak lupa beri garam sebagai cita rasa masakan. Aduk-aduk semua bahan sampai rata.
6. Setelah daging matang daan cukup empuk, angkat dan tiriskan daging. Lalu masukkan ke dalam tumisan. Aduk rata daging sapi sampai semua bagiannya tertutupi oleh bumbu tumisan.
7. Setelah semua tercampur rata, Anda bisa memasukkan daging yg telah terbumbui ke dalam air rebusan kaldu sapi. Aduk sampai daging benar-benar lunak dan empuk.
8. Berikan garam jika masih kurang asin, serta kecap manis. Jangan lupa berikan merica untuk menambah aroma semur.
9. Masak sampai daging lunak dan empuk serta air menyusut. Jika daging belum lunak dan air telah menyusut, Anda bisa menambahkan air kembali sampai daging benar-benar empuk.
10. Setelah matang, semur daging siap untuk dihidangkan.
Mudah bukan cara memasak semur daging spesial ala rumahan? Anda bisa menjadikan menu ini sebagai salah satu hidangan sehari-hari Anda. Selamat mencoba.