Cara Membuat Pepes Jamur Merang Khas Sunda

Masakan khas Sunda memang semuanya menggugah selera. termasuk untuk pepes jamur merang ini. Umumnya jamur merang diolah dengan cara ditumis. Namun kali ini anda bisa mengolahnya menjadi pepes. Biasanya pepes memiliki bahan dasar berupa daging ayam, ikan, tahu atau makanan berprotein lainnya. Jika anda termasuk vegetarian atau bosan dengan olahan berbahan daging, pepes jamur merang ini layak untuk dicoba. Proses membuat hidangan khas tanah Sunda ini pun tidak terlalu rumit. Jamur merang segar menjadi bahan utamanya.

Cara Membuat Pepes Jamur Merang Khas Sunda

Selain itu aneka bumbu-bumbu seperti lengkuas, kemangi, hingga kencur membuat aroma dan rasa pepes jamur ini semakin spesial. Cita rasa pedas manisnya yang khas adalah salah satu yang paling disukai dari olahan satu ini. proses pengolahan pepes satu ini sedikit berbeda. Setelah dikukus, pepesan kemudian dibakar sebentar untuk mengeluarkan aroma harum dari bumbunya. Nah, berikut ini resep selengkapnya untuk membuat pepes jamur merang khas Sunda.

Resep Pepes Jamur Merang Khas Sunda

Bahan-bahan :
·      Jamur merang 2 ons belah dua
·      Serai 2 batang iris tipis
·      Cabai merah 2 buah iris serong
·      Daun salam 2 lembar
·      Lengkuas 1 ruas jari iris tipis
·      Garam sesuai selera
·      Gula pasir secukupnya
·      Daun pisang untuk membungkus
·      Kemangi 1 ikat

Bumbu halus :
·      Bawang putih 2 siung
·      Bawang merah 5 siung
·      Cabai rawit 3 buah
·      Cabai merah besar 2 buah
·      Kencur 2 ruas

Cara Membuat Pepes Jamur Merang Khas Sunda :
  • Pertama-tama panaskan minyak untuk menumis kemudian tumis bumbu halus, serai, cabai merah dan lengkuas. Tumis sampai wangi kemudian tambahkan daun salam.
  • Masukan jamur merang dan masak sampai layu. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Aduk rata dan koreksi rasanya. Jika sudah pas kemudian matikan api kompor.
  • Siapkan selembar daun pisang untuk membungkus dan ambil tumisan jamur merang. Tambahkan kemangi dan bungkus pepes sesuai selera anda. Lakukan sampai adonan habis.
  • Kukus pepes selama 20 menit. Setelah itu angkat dari panci pengukus dan panggang dengan teflon atau arang untuk beberapa saat.
  • Pepes jamur merang siap dinikmati.


Nah itu dia cara membuat pepes jamur merang khas Sunda yang bisa anda coba buat di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar