Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi Empuk dan Lembut

Caramasak.Net - Trend kue dengan tampilan warna-warni memang masih booming. Salah satunya adalah bolu kukus pelangi ini. Umumnya bolu kukus hanya memiliki satu atau dua jenis warna saja. Anda pun bisa mengolah kue bolu kukus ini dengan tampilan layaknya kue lapis. Untuk menciptakan tampilan kue warna-warni ini, memang diperlukan ketelatenan karena proses pengukusan tidak sekali jadi. Adonan dibagi menjadi tiga bagian terlebih dulu. kemudian masing-masing bagian ditambah dengan pewarna. Dan dikukus secara bertahap.

Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi Empuk dan Lembut

Memang diperlukan ketlatenan dalam membuat kue bolu kukus pelangi ini. untuk jenis loyang yang digunakan tergolong bebas. Anda bisa menggunakan loyang tulbin, persegi, hingga loyang bolu kukus yang berbentuk kecil dengan tambahan kertas khusus bolu. Anda bisa menghidangkan kue bolu kukus ini sebagai teman minum teh atau kopi atau sebagai suguhan untuk para tamu di acara-acara spesial. Nah, berikut ini resep selengkapnya untuk membuat bolu kukus pelangi empuk dan lembut.

Resep Bolu Kukus Pelangi Empuk dan Lembut

Bahan-bahan :
·      Tepung terigu 125 gram
·      Telur ayam 4 butir
·      Santan kental 50 ml
·      Minyak goreng 50 ml
·      Gula pasir 150 gram
·      SP/TBM/Cake emulsifier 1 sendok makan
·      Baking powder ½ sendok teh
·      Garam ½ sendok teh
·      Pewarna makanan sesuai selera (kali ini menggunakan warna kuning, hijau dan merah)

Cara Membuat Bolu Kukus Pelangi :
  • Siapkan wadah dan masukan telur, gula pasir serta emulsifier. Kocok dengan mixer berkecepatan sedang sampai mengembang.
  • Masukan tepung terigu, garam dan baking powder sembari diayak sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur. Aduk dengan spatula sampai adonan tercampur rata.
  • Tuangkan santan kental ke dalam adonan dan aduk kembali sampai adonan tercampur rata.
  • Bagi adonan menjadi tiga kemudian masing-masing bagian ditetesi dengan pewarna makanan. Sementara itu siapkan alat pengukus dengan air secukupnya. Jangan lupa lapisi pengukus dengan serbet agar airnya tidak menetes ke bolu.
  • Olesi loyang dengan minyak atau mentega kemudian tuangkan salah satu warna adonan ke dalam loyang secukupnya. Kukus selama 5 menit. Seteleh 5 menit tuangkan lagi warna lainnya dan kukus kembali.
  • Lakukan hal yang sama untuk warna ketiga. Kukus kembali selama 25 menit sampai kue benar-benar matang.
  • Bolu kukus pelangi siap dihidangkan.
  • Nah, itu dia cara membuat bolu kukus pelangi yang bisa anda coba di rumah. Mudah bukan proses pembuatannya? Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar