Resep Membuat Manisan Buah Pepaya Enak

Manisan buah pepaya memiliki cita rasa yang lezat. rasanya tak kalah dengan manisan buah lainnya. Buah pepaya memiliki tekstur yang sangat cocok diolah menjadi manisan. Jenis buah satu ini tergolong mudah menyerap air dan gula. selain itu untuk membuat manisan pepaya ini anda tidak memerlukan banyak bahan-bahan tambahan sehingga cukup praktis untuk dicoba. Memang untuk membuat manisan buah pepaya ini tidak langsung sekali jadi.

Resep Membuat Manisan Buah Pepaya Enak

Proses pengolahan manisan pepaya ini memerlukan beberapa hari. Pertama-tama pepaya diproses dengan cara direndam menggunakan air kapur sirih. Setelah teksturnya empuk barulah manisan direbus dengan air gula. anda bisa mendapatkan jenis manisan basah maupun kering. Khusus untuk manisan kering, proses penjemuran memerlukan waktu 2-3 hari tergantung kondisi sinar matahari. Berikut resep selengkapnya untuk membuat manisan pepaya enak dan lezat.

Cara Membuat Manisan Buah Pepaya Enak

Bahan-bahan :
·      Pepaya ukuran besar pilih yang mengkal 2 buah
·      Kapur sirih 60 gram
·      Gula pasir 2 kg
·      Garam halus 5 sendok makan
·      Air matang secukupnya

Cara Membuat Manisan Buah Pepaya Enak :
  • Pertama-tama kupas buah pepaya kemudian belah menjadi dua bagian dan buang bijinya. Iris tipis buah pepaya tersebut sesuai selera.
  • Sementara itu larutkan kapur sirih dengan air sebanyak 15 liter dan gunakan untuk merenam pepay. Rendam potongan pepaya ke dalam air dan diamkan selama 3 jam sampai mengeras.
  • Cuci bersih kemudian rebus dengan air selama 5 menit dan tiriskan. Larutkan gula pasir dan garam dengan air sebanyak 2 liter. Kemudian masukan pepaya ke dalam larutan gula tersebut. Rebus selama 1 jam.
  • Kemudian jemur pepaya rebus tersebut selama 2-3 hari untuk proses pengeringan. Masukan manisan pepaya ke dalam plastik atau toples dan siap dihidangkan.


Nah itu dia cara membuat manisan pepaya enak yang bisa anda coba di rumah. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar