Cara Membuat Tape Ketan Hijau Khas Lebaran

Caramasak.Net - Menu khas lebaran bukan hanya opor ayam, aneka kue kering, atau rendang. Anda bisa menyajikan tape ketan sebagai salah satu menu untuk hidangan di hari raya. Tape ketan memiliki cita rasa yang segar sehingga cocok dihidangkan untuk sajian di hari raya ini. walaupun banyak penjual tape ketan, namun anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Jenis tape ketan yang bisa kita coba buat kali ini adalah tape ketan hijau. proses pembuatan camilan satu ini tidak terlalu rumit dengan bahan dasar beras ketan putih serta pasta pandan.

Cara Membuat Tape Ketan Hijau Khas Lebaran

Aroma tape ketan hijau lebih harum dari jenis tape pada umumnya. Pandan memberikan aroma dan rasa yang khas sehingga membuat olahan satu ini lebih bercita rasa. Untuk mengolah tape ketan ini memang diperlukan kesabaran. Proses pembuatannya tidak bisa sehari jadi. anda mesti merendam beras ketan semalaman. Setelah diolah kemudian tape dibiarkan selama beberapa hari agar ragi bekerja mematangkan beras. Berikut ini proses selengkapnya untuk membuat tape ketan hijau khas lebaran.

Resep Tape Ketan Hijau Khas Lebaran

Bahan-bahan:
·      Beras ketan putih 500 gram cuci bersih kemudian tiriskan
·      Ragi tape 3 butir
·      Gula pasir 5 sendok makan
·      Pasta pandan 2 sendok makan
·      Air bersih untuk merendam 1 liter
·      Air bersih 400 ml

Cara Membuat Tape Ketan Hijau Khas Lebaran:
  • Pertama-tama rendam terlebih dulu beras ketan yang sudah dicuci bersama dengan satu liter air dan pasta pandan. Rendam selama semalam. Pada pagi harinya tiriskan dan kukus sampai mengepul.
  • Sementara itu siapkan panci dan didihkan air sebanyak 400 ml. Setelah air mendidih gunakan untuk menyiram ketan kukus yang masih panas. Aduk hingga rata dan kukus kembali beras ketan selama 15 menit. Dinginkan sampai benar-benar hilang uap panasnya.
  • Selanjutnya haluskan ragi tape hingga remuk. Susun ketan hijau di dalam wadah secara rapi dan taburi dengan ragi secara merata.
  • Taburi dengan gula pasir dan timpa lagi dengan ketan. Taburi lagi dengan ragi dan gula kemudian tutup rapat.
  • Biarkan selama 3 hari dan tape sudah siap disajikan. Anda bisa langsung menyajikannya diatas piring atau bisa dibungkus dengan daun pisang.


Itu dia cara mudah membuat tape ketan hijau khas lebaran yang bisa anda coba buat di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar