Resep Cara Memasak Rumput Laut Kering Dengan Oseng Daging Giling

Resep Cara Memasak Rumput Laut Kering - Rumput laut merupakan salah satu jenis sayuran berwarna hijau yang bisa dimanfaatkan untuk bahan berbagai macam masakan. Namun diantaranya banyaknya varietas rumput laut tersebut, ada juga yang memiliki tekstur begitu kenyal dan masuk dalam kelompok jelly. Ya, rumput laut adalah bahan dasar agar-agar dan jelly, kudapan lezat yang sudah biasa kita nikmati sejak kecil. Biasanya rumput laut dijual dalam dua macam, yaitu dalam rumput laut kering dan rumput laut basah.

cara mengolah rumput laut kering,resep sup rumput laut kering,cara mengolah rumput laut mentah,cara mengolah rumput laut menjadi nori,cara mengolah rumput laut agar tidak amis,
Baca juga: Cara Membuat Toping Donat Warna Warni
Rumput laut kering memiliki tekstur lebih renyah serta lebih awet, sedangkan rumput laut basah tentu saja rasa lebih segar adalah kelebihannya. Apakah Anda sudah pernah mencoba cara memasak rumput laut kering dan rumput laut basah? Berbeda dengan rumput laut kering, rumput laut basah bisa dimasak dengan cukup mudah, hampir sama ketika Anda mengolah sayuran seperti kangkung dan bayam. 

Nah, karena teksturnya lebih tipis dan sekaligus lebih rapuh, maka untuk mengolah rumput laut kering Anda juga membutuhkan keterampilan khusus. Maksudnya bukanlah keterampilan Anda dalam memasak, namun lebih pada pengetahuan yang Anda miliki terkait teknik mengolah bahan satu ini supaya tidak sampai hancur. Ada beberapa jenis masakan tertentu yang akan sangat cocok diolah menggunakan bahan kombinasi rumput laut kering. Anda tertarik untuk mencoba resep Cara memasak tersebut? Ini dia resepnya, silahkan Anda catat :

Resep Cara Memasak Oseng Rumput Laut Kering

Bahan Cara Memasak dan Bumbu
• 25 gram rumput kering
• 1 buah tahu sutra
• 100 gram daging sapi giling
• 1 butir telur ayam
• 1 siung bawang bombay ukuran sedang
• 2 siung bawang putih
• 1 butir bawang merah
• ½ sdt merica bubuk
• Garam secukupnya

Cara Memasak Oseng Rumput Laut Kering

1. Agar rumput laut kering siap diolah, Anda harus merendamnya dahulu dalam baskom berisi air. Rendam rumput laut kering ini kira-kira 15-30 menit, sampai teksturnya tampak lembek.
2. Selagi Anda menunggu rumput laut yang sedang direndam, waktu jeda ini bisa Anda manfaatkan untuk menyiapkan bahan bumbu. Silahkan iris tipis atau cincang bawang putih, bawang merah, dan bawang bombaynya. Potong pula tahu sutra menjadi bentuk dadu. Sisihkan dalam wadah.
3. Setelah rumput laut yang direndam terlihat mekar, tiriskan kemudian potong-potong dengan panjang 5-7 cm saja. Untuk menghilangkan aroma anyir Anda bisa menaburkan garam diatasnya dan aduk-aduk dengan tangan sampai rata. Sisihkan terlebih dahulu.
4. Siapkan wajan untuk memasak dengan 2-3 sendok makan minyak goreng untuk menumis nantinya.
5. Panaskan wajan, jika minyak sudah cukup panas masukkan tahu, goreng sampai bersemu kecokelatan.
6. Susul dengan memasukkan daging giling 200 gram, atau sesuai selera. Aduk-aduk sampai daging berubah warna.
7. Kemudian Anda bisa memasukkan, bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay, aduk sampai semua bahan tampak blending dan aromanya menguat dengan sempurna.
8. Terakhir masukkan rumput laut, tumis kembali. Anda bisa juga menambahkan garam dan merica halus sesuai selera.
9. Masukkan telur ayam di atas tumisan, aduk-aduk sampai telur hancur merata dan matang.
10. Angkat, sajikan selagi hangat.

cara mengolah rumput laut kering,resep sup rumput laut kering,cara mengolah rumput laut mentah,cara mengolah rumput laut menjadi nori,cara mengolah rumput laut agar tidak amis,

Artikel terkait cara measak rumput laut jadi sup oriental

Berbeda dengan resep sup rumput laut yang sangat populer itu, tumis rumput laut kering memiliki rasa yang lebih sedap dan cocok dikonsumsi oleh orang yang telah terbiasa dengan lidah masakan nusantara. Namun tentu saja estimasi waktu yang harus Anda sisihkan untuk memasak resep ini juga lebih lama, sekitar 30-1 jam. Kalau sudah keburu lapar, memasak menu-menu yang cepat dan simpel jelas akan lebih sesuai. 

Resep oseng rumput laut ini juga bisa Anda variasikan lagi. Maksudnya, seandainya Anda suka pedas, maka merica bubuk bisa Anda ganti dengan irisan cabai. Sudah umum memang jika rasa pedas begitu akrab digemari para pecinta kuliner Indonesia. Terakhir, selamat mencoba cara memasak rumput laut kering yang ternyata tidak begitu sulit ini! Titik kesuksesan Anda terletak pada saat Anda merendam rumput laut, jangan sampai lebih dari 30 menit agar teksturnya tidak terlalu lembek. Selamat mencoba, dan buatlah kejutan masakan baru dirumah untuk keluarga tercinta.