Langkah Mudah Cara Membuat Cumi Basah Asam Manis

Cara membuat cumi basah asam manis dengan mudah tentunya merupakan salah satu cara yang banyak digemari oleh banyak orang. Cumi-cumi merupakan salah satu hewan laut yang dapat dikonsumsi. Kandungan asam amino esensial yang cukup tinggi tentunya akan mudah dicerna oleh tubuh. Karena memiliki kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh tentunya tidak heran jika banyak sekali orang yang menyukai menu masakan yang satu ini. Biasanya menu masakan yang satu ini ditemui di beberapa warung makan yang menjual seafood. Tetapi Anda bisa mencoba membuatnya di rumah. 

cara membuat cumi asam manis pedas,cara memasak cumi asam manis,cara masak cumi asam manis,cara membuat udang asam manis,cara membuat udang asam manis sederhana,cara memasak cumi saus tiram,
Baca juga: Cara Membuat Jus Bayam Dan Brokoli Dengan Praktis
Cara membuat cumi basah asam manis mungkin ketika membuat sendiri akan terbilang merepotkan dan memilih untuk membelinya. Tetapi jangan salah, memasak cumi ini ternyata tidak sulit dan lebih mudah. Bahkan Anda dapat menyesuaikan rasa masakan ini sesuai dengan selera Anda. Walaupun harga cumi ini cukup mahal dibandingkan hewan laut yg lainnya, tetapi sangat sebanding dengan rasanya yg lezat dan kandungan gizi yg banyak di dalamnya. Tidak ada salahnya Anda mulai mencoba memasak cumi-cumi basah asam manis. 

Cumi-cumi biasanya diolah dengan menggunakan goreng tepung. Baru menggunakan saos asam manis, saos mentega atau saus tiram dan sebagainya. Tetapi dengan menu masakan yg satu ini tentunya akan membuat Anda dapat merasakan cita rasa cumi basah yg sesungguhnya karena tanpa menggunakan campuran tepung bumbu. Cara membuat cumi basah asam manis menjadi lebih mudah dan tentunya akan menghemat waktu karena tidak perlu menggoreng terlebih dahulu. Namun proses memasak cumi disarankan agar tidak terlalu lama agar tidak kenyal dan hambar.

cara membuat cumi asam manis pedas,cara memasak cumi asam manis,cara masak cumi asam manis,cara membuat udang asam manis,cara membuat udang asam manis sederhana,cara memasak cumi saus tiram,

Sebelum mengetahui cara membuat cumi basah asam manis tentunya akan lebih baik jika Anda mengetahui cara mengolah cumi yg benar. Memilih cumi yg segar tentunya menjadi syarat utama sebelum memasak olahan cumi. Ciri-ciri cumi basah yg segar tentunya memiliki mata yg bersih, dagingnya tidak kemerahan, kulit ari tidak rusak dan yg terpenting adalah dagingnya padat serta kenyal. Proses pembersihan cumi juga harus dilakukan dengan benar. Caranya adalah memisahkan tinta dan daging cumi. Usahakan jangan sampai tercampur dengan dagingnya. 

Cara mengolah cumi basah asam manis yg tepat lainnya adalah menggunakan bahan untuk menghilangkan aroma amis dari cumi. Anda dapat melumuri cumi dengan menggunakan asam jawa, parutan jahe atau bahkan dengan menggunakan perasan jeruk nipis. Namun disarankan tidak terlalu banyak memberikan bahan penghilang amis dan jangan terlalu lama proses perendaman agar tidak menghilangkan karakteristik dari cumi. yg paling utama dari pengolahan cumi adalah proses pengolahannya tidak boleh terlalu lama karena justru akan membuat tekstur cumi menjadi alot.

Resep Cara Membuat Cumi Basah Asam Manis


Bahan Membuat Cumi Basah Asam Manis
  • 2 Siung besar bawang putih, kemudian geprek dan cincang kasar
  • ½ buah bawang bombay, potong melintang
  • 100 gram daging buah nanas, potong kecil
  • 1 batang daun bawang, iris miring halus
  • ¼ Sdt bubuk merica
  • ¼ Sdt gula pasir
  • 2 Sdm saus tomat
  • 3 Sdm saus cabe
  • ½ Sdt Garam
  • 200 ml Air
  • 1/8 Sdt air cuka
  • ½ Sdm tepung sagu, larutkan dengan sedikit air
  • Minyak Goreng digunakan untuk menumis

Cara Membuat
  1. Potong-potong badan cumi basah yg sudah dicuci bersih sesuai selera kemudian bilas dengan air dan tiriskan hingga kering. Daging cumi yg sudah bersih dan dipotong-potong tadi keringkan, kemudian campur bawang putih halus, garam dan merica secukupnya, air perasan jeruk nipis dengan daging cumi, aduk rata sembari di remas-remas. Istirahatkan selama 15 menit.
  2. Membuat saus asam manis: Tumis dengan sedikit minyak bawang bombay, bawang putih cincang, dan cabai. Ditumis sampai tercium aroma harum.
  3. Kemudian masukan merica bubuk, gula pasir, saus tomat, saus cabai, dan garam aduk rata dengan api kecil. Masukkan air secukupnya.
  4. Setelah saus mendidih masukkan daging cumi-cumi, cuka dan nanas masak hingga daging cumi matang, tambahkan daun bawang lalu kentalkan dengan menggunakan larutan dari tepung sagu. Aduk rata. Angkat.

Cara membuat cumi basah asam manis ternyata sangatlah mudah. Proses memasaknya juga termasuk sangat cepat untuk mendapatkan hasil akhir yang sempurna. Untuk mendapatkan cumi-cumi yang enak dan lezat tentunya harus menggunakan cara yang tepat dalam mengolahnya. Dengan mengolah cumi-cumi dengan benar tentunya akan membuat rasa masakan dari cumi basah asam manis akan semakin terasa nikmat.